Entri Populer

Minggu, 13 Februari 2011

SOFT Skill

SOFT SKILL

( Oleh : Drs. Nanang SH, M.Pd )
Disampaikan pada pelatihan Mahasiswa STIE YASA ANGGANA Garut

Fungsi Pendidikan

Untuk menyiapkan manusia menghadapi masa depan agar hidup lebih sejahtrera, baik sebagai individu maupun secara kolektif sebagai warga masyarakat, bangsa, maupun antar bangsa.

SASARAN PENDIDIKAN

1. Perkembangan Fisik
2. Stimulasi Kreativitas
3. Pembentukan Karakter
4. Perkembangan Afektif
5. Perkembangan Sosial
6. Perkembangan Spiritual

TUJUAN PENDIDIKAN YANG BERORIENTASI KECAKAPAN HIDUP
(LIFE SKILL)

1. Mengaktualisasikan potensi peserta didik sehingga dapat digunakan untuk memecahkan problem yang dihadapi
2. Merancang pendidikan agar fungsional bagi kehidupan peserta didik dalam menghadapi kehidupan di masa datang
3. Memberikan kesempatan kepada sekolah untuk mengembangkan pembelajaran yang fleksibel
4. Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya di sekolah ataupun di masyyarakat.

Pengertian Kecakapan Hidup (life skill)

Adalah kemampuan dan keberanian untuk menghadapi problema kehidupan, kemudian secara proaktif dan kreatif, mencari dan menemukan solusi untuk mengatasinya.

Kecakapan Hidup Meliputi Spektrum :

1. Pekerjaan
2. Kehidupan sehari hari ( di rumah, sekolah, lingkungan masyarakat, tempat kerja)






KECAKAPAN HIDUP TERBAGI 2

1. Kecakapan Hidup Generic (Generic Life Skill) yaitu kecakapan yang mendasar dan umum
2. Kecakapan Hidup Spesifik (Specific Life Skill)

Kecakapan Hidup Generik Meliputi

1. Kecakapan Personal
 Kesadaran Diri sebagai makhluk Tuhan, makhluk social, makhluk lingkungan,
 Potensi Diri (mengembangkan)
 Kecakapan Berpikir (menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan dengan cxerdas, memecahkan maslah secara arif dan kreatif)

2. Kecakapan Sosial
 Kecakapan Berkomunikasi
 Kecakapan Bekerjasama

Kecakapan Hidup Spesifik meliputi

1. Kecakapan Akademik
 Mengidentifikasi Variabel dan Hubungan
 Merumuskan Hipotesis
 Merancang dan melaksanakan penelitian

2. Kecakapan Vokasional Meliputi

A.Kecakapan Vokasional Dasar
 Menggunakan alat-alat dasar yang dilakukan orang normal
 Menggunakan gerak dasar

B.Kecakapan Vokasional Khusus (menekuni pekrjaan tertentu)


APA ITU SOFT SKILL ?

Kecakapan yang dimiliki seseorang untuk dapat mengoptimalkan prestasi, kreasi, inovasi, potensi diri sesuai bakat dan minat.






MELALUI APA ?

Interaksi sesama
Organisasi
Diskusi
Membaca
Interaksi social

AKTIVITAS MANUSIA

1. Alamiah (lambat)
2. Rekayasa (cepat)

TIPE MANUSIA

1. Audio (dengar)
2. Visual (lihat)
3. Kinestetic (gerak)





MENOHOK PERUBAHAN CARA PANDANG
(Kenalilah Diri Sendiri (Plato) Niscaya Anda akan mengenal orang lain)

Pilihlah option yang paling tepat dengan Kepribadian Anda dengan memperhatikan pengalaman yang telah Anda lewati !

1. Menurut pengamatan Anda, orang sukses yang anda kenal, lebih banyak karena factor :
a. Nasib
b. Usaha keras
c. Turunan
2. Keturunan Cina yang ada di Indonesia, rata-rata hidupnya sukses, karena:
a. Nasib
b. Usaha Keras
c. Bawaan
3. Kesuksesan Anda di masa depan ditentukan oleh :
a. Nasib
b. Usaha Keras
c. Keberuntungan
4. Apakah Pendidikan dapat membantu merubah nasib hidup ?
a. Ya
b. Tidak
c. Ragu-ragu
5. Berapa Harga Keyakinan Anda, bahwa dengan bekal izajah, Anda dapat segera bekerja ?
a. 100 %
b. 50 %
c. 25 %
6. Jika Anda harus memilih mana yang paling dianggap tepat dengan pribadi Anda, bukan dengan yang anda inginkan.
a. Lebih baik hidup miskin tapi soleh
b. Lebih baik hidup kaya sekalipun sombong
c. Lebih baik kaya dibarengi kesolehan diri
7. Menurut perasaan Anda, apakah diri Anda termasuk kategori :
a. Punya visi hidup yang jelas tapi malas
b. Tidak punya visi hidup, tapi mau kerja keras
c. Punya visi yang jelas dan nyali kerja keras
8. Bila Anda gagal dalam melakukan usaha atau gagal dalam mencapai
Prestasi tertentu
a. Sadar pada nasib hidup
b. Sadar pada keterbatasan diri
c. Sadar akan penghinaan dari orang lain
9. Jika anda mengalami rasa malas yang berkeseringan untuk melakukan
Suatu pekerjaan :
a. Berusaha memaksakan diri, tidak memanjakan diri
b. Membiarkan rasa malas hilang dengan sendirinya
c. Berintropeksi, kenapa saya malas
10. Jika Anda memacu diri dengan sabardan kerja keras, maka diri saya :
a. Yakin sepenuhnya akan berhasil
b. Ragu akan keberhasilan yang bisa saya capai
c. Berusaha atau tidak, nasib lebih menentukan
11. Berdasarkan pengalaman dan perasaan yang Anda miliki selama ini :
a. Merasa lebih takut dengan kegagalan
b. Merasa lebih berani menghadapi resiko
c. Merasa banyak takut memulai suatu pekerjaan
12. Perasaan Anda yang sejujurnya, tentang sukses hidup yang diharapkan di masa depan :
` a. dapat dicapai dengan mudah
b.dapat dicapai dengan susah payah
c.bergantung pada nasib diri saja
13. Keyakinan Anda tentang usaha yang akan dan sedang lalkukan
sekarang ini :
a. Agak ragu untuk sukses
b. Yakin akan sukses
c. Berharap nasib baik akan datang

Setiap jawaban yang Anda pilih, renungkan apa mengapa dan bagaimana jawaban tersebut bisa saya pilih kemudian bandingkan dengan jawaban orang lain !


MENGUAK TABIR POTRET DIRI

1. Siapa saya
2. Sedang apa saya
3. Apa kelebihan saya
4. Bagaimana mengoptimalkan kelebihan saya
5. Apa kekurangan saya
6. Bagaimana memperbaiki kekurangan saya
7. Ingin menjadi orang yang bagimana saya
8. Pengfalaman apa yang paling berharga dalam hidup
9. Penagalaman apa yang paling mengecewakan dalam hidup
10. Pujian apa yang paling saya sukai
11. cercaan apa yang paling tidak saya sukai
12. Apa yang akan saya lalkukan bila saya memeiliki waktu
1 menit
1 jam
24 jam
7 hari
1 bulan
1 tahun
10 tahun
13. Prestasi apa yang ingin saya capai
5 tahun ke depan
10 tahun ke depan
25 tahun ke depan
14. Bila saya gagal mencapai prestasi yang saya telah tentukan, apa yang akan saya lakukan
15. Apa yang akan saya lakukan bila saya tidak memiliki uang serupiahpun
16. Apa yang akan saya lakukan bila saya memiliki uang
Rp. 25.000,-
Rp. 500.000,-
Rp. 1.000.000,-
Rp. 100.000.000,-

Bila Anda ingin segera menemukan siapa diri anda yang sebenarnya, perbaharui jawaban ini setiap minggu, atau sebulan sekali atau paling lambat setahun sekali. Analisis mengapa ada yang berubah dan tetap. Minta oirang lain untuk mengomentari . Pajangkan di kamar anda agar setiap hari Anda bisa membaca.


POTRET KEPRIBADIAN
JOHARI WINDOW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar